Bikin Hologram Pake Smartphone

Ada yang merasa tidak asing dengan cuplikan film diatas?
Benar, itu adalah cuplikan dalam film Ironman.dimana Tony Stark tengah terlihat sedang bersama Jarvis. Btw, kalian tahu nggak kenapa si Jarvis ini terlihat dalam wujud yang tembus pandang?

Itu karena si Jarvis yang mana berperan sebagai asisten pribadi Tony Stark ini adalah sebuah AI (Artificial Intelligent) yang berada dalam wujud Hologram.
Sebenarnya apa sih Hologram itu?

Dikutip dari wikipedia, Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Kelebihan hologram adalah ia mampu menyimpan informasi, yang didalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D).

Atau bahasa mudahnya teknologi hologram atau holografi merupakan teknik pemantulan dan refleksi cahaya agar objek yang ditampilkan dapat dilihat dari berbagai sudut (3D) yang seolah tampak nyata 😀

Pada kesempatan ini gue akan memberitahukan langkah-langkah bagaimana cara membuat hologram sendiri menggunakan sebuah smartphone. Oh ya, sebelumnya perusahaan bernama Holho telah membuat teknologi serupa yang mereka beri nama Holho Full Pyramid dan mereka telah memasarkan produk mereka dengan kisaran harga $28.

Holho
Holho

Namun disini kalian tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membuat sebuah hologram sendiri, karena dalam pembuatannya hanya menggunakan alat-alat dan bahan yang mudah dijangkau 😀

Yang Kalian Butuhkan Adalah:

Alat dan Bahan
Alat dan Bahan
  1. Kotak CD bekas (Ingat CD = Compact Disk bukan Celana Dalam lho yaa..). Yang warnanya transparan.
  2. Penggaris
  3. Lem
  4. Spidol (warna bebas)
  5. Selotip
  6. Kertas (Opsional)
  7. Dan yang terakhir adalah Kopi dan Camilan.

 Langkah-langkah Pembuatan

  1. Seduh kopi dan siapkan camilan. Ini berguna untuk mendapatkan energi sebelum membuat hologram. Jika tidak punya kopi dan camilan. Kalian boleh skip langkah pertama ini.
  2. Next, buat dulu polanya menggunakan spidol dan penggaris. Mau diatas kertas atau langsung diatas kotak CD terserah kalian enaknya gimana. Ukuran pola ikuti gambar dibawah ini ya..
    Pola Reflektor
    Pola Reflektor
  3. Jika sudah, potong pola tadi menggunakan gunting hingga membentuk sebuah trapesium dengan ukuran yang telah ditentukan tadi. Buat sebanyak empat trapesium.
  4. Untuk menyatukan tiap trapesiumnya, gunakan selotip terlebih dahulu baru kemudian rekatkan menggunakan lem.
    Sisinya Diselotip
    Sisinya Diselotip
  5. Dan jadilah reflektornya
    Ini hasilnya, maap kalo kurang rapi. Bukan tangan seni
    Ini hasilnya, maap kalo kurang rapi. Bukan tangan seni
  6. Langkah selanjutnya silahkan kalian Streaming atau Download video di youtube dengan keyword hologram pyramid 4 faces atau bisa langsung mengklik link disini Youtube
  7. Letakkan reflektor yang telah dibuat tadi diatas smartphone kalian yang sedang memutar video hologram pyramid tadi dengan ukuran 1 cm yang menghadap kebawah. Letakkan tepat ditengah-tengah objek videonya.
  8. Dan jadilah hologram kreasi kalian sendiri.
    Dan inilah dia hasilnya
    Dan inilah dia hasilnya

Sebenernya aku udah bikin hologram kayak gini dari tahun kemaren sih, berhubung reflektornya masih ada ya gue coba untuk menuliskan langkah-langkah pembuatannya. Sapa tahu ada diantara kalian yang belum tahu tentang Hologram 4 Sisi ini dan tertarik untuk mencoba membuatnya 🙂

Gimana? tertarik untuk mencobanya ? 😀

Silahkan tinggalkan komentar dibawah jika kalian telah berhasil membuatnya atau ada yang ingin kalian tanyakan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: