10 Fitur Keren MIUI 9

Akhirnya Xiaomi resmi meluncurkan OS baru mereka yaitu MIUI 9. UI (User Interfacenya) sendiri sudah berbasis Android 7.0 Nougat. Miui ini hadir dengan membawa beberapa fitur baru. Diantara dari beberpa fitur tersebut, yang paling mencolok diantarnya yaitu Image Search, Smart Assistant serta Smart App Launcher.

Meski mempunyai tampilan yang sedikit berbeda dari versi asli Android 7.0, namun pihak Xiaomi menjelaskan bahwa mereka berusaha untuk menjaga untuk tetap menjaga tampilan asli dari Android 7.0 Nougat di versi MIUI 9 ini. Sayangnya, semua fitur yang telah diumumkan baru tersedia dalam bahasa China. Untuk versi Globalnya akan segera menyusul.

Kalian penasaran kan, apa saja fitur-fiturnya?

Simak ulasan fiturnya dibawah ini

 

Yang Harus Kalian Ketahui, 10 Fitur Keren di MIUI 9

 

1. Split-Screen Multitasking

Fitur Split Screen Multitasking di MIUI 9
Fitur Split Screen Multitasking di MIUI 9

Inilah salah satu fitur yang banyak dinanti oleh sebagian besar Mi Fans. Dengan adanya fitur ini maka kalian akan semakin mudah menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan. Misalnya saja seperti aku ini yang hobi bermain game, terkadang saat ada notifikasi chat, harus ribet keluar dari gamenya baru balas chat yang masuk. Dengan Fitur Split Screen Multitasking ini kalian bisa memainkan game sambil membuka aplikasi chat secara bersamaan. Of course fitur ini tentu saja sangat cocok buat kalian yang mempunyai handphone Xiaomi dengan layar yang besar seperti Xiaomi Mi Max 2.

Untuk dapat menjalankan fitur Split Screen Multitasking kalian hanya perlu menekan tombol Recent kemudian tekan tombol yang bertuliskan “SplitScreenMode” yang posisinya berada di sebelah kanan atas layar.

2. Image Search

Fitur Image Search yang akan memudahkan kalian mencari koleksi foto
Fitur Image Search yang akan memudahkan kalian mencari koleksi foto

Fitur selanjutnya yang nggak kalah keren dari MIUI 9 yaitu Image Search atau Pencarian Foto/Gambar. Dengan adanya fitur ini kalian dapat memfilter atau mencari foto yang sesuai dengan keyword (kata kunci), ya mirip-miriplah dengan Google Photos. Keyword disini berarti bahwa semisal kalian ingin mencari kata “selfie”, ketika dicari maka smartphone kalian akan mencari foto yang diambil dari kamera depan.

Atau misal pake kata kunci “kucing” maka smartphone akan menampilkan foto yang berisi gambar-gambar kucing. Eits, tapi kalian jangan coba nyari foto dengan kata kunci “mantan” ya, karena foto mantan sudah berada di tong sampah (dihapus) hahaha 😀

Yang keren dari fitur ini tuh kalian dapat nyari foto menurut lokasi, acara, ekspresi, dokumen, dan foto screenshot.

3. Smart Assistant

Benarkah Smart Assistant mirip dengan Sirinya Apple? Cortananya Windows? atau mirip dengan Google Assistant?
Benarkah Smart Assistant mirip dengan Sirinya Apple? Cortananya Windows? atau mirip dengan Google Assistant?

Sayang sekali Smart Assistantnya Xiaomi ini belum bisa di sejajarkan dengan Siri, Cortana, maupun Google Assistant. Smart Assistant ini hanya mampu mencari semua hal yang terdapat pada smartphone, seperti catatan, foto, serta masih banyak lagi.

Smart Assistant baru mendukung perintah text, jadi kalian yang hendak mencari sesuatu didalam smartphone kalian, maka kalian harus menulis perintah text tertentu, maka setelah itu kalian akan mendapatkan apa yang kalian cari. Aku berharap semoga aja fitur ini akan terus dikembangkan oleh Xiaomi serta mampu menyaingi kehebatan Cortana, Google Assistant dan Siri 🙂

4. Smart App Launcher

Fitur App Launcher di MIUI 9
Fitur App Launcher di MIUI 9

Jadi fitur ini tuh fitur yang akan mempermudah kalian mendapatkan aplikasi yang diperlukan untuk membuka sebuah informasi. Misalnya saja nih, ketika kalian tengah membaca informasi alamat gebetan kalian entah itu dari facebook atau instagram, maka selanjutnya fitur Smart App Launcher di smartphone kalian akan merekomendasikan aplikasi yang sesuai pada bagian bawah layar. Kalo informasi tersebut berupa suatu alamat lokasi, maka akan direkomendasikan aplikasi Google Maps atau aplikasi berbasis peta yang lainnya.

Kalo informasi tersebut berupa alamat email maupun nomor telepon, maka akan direkomendasikan aplikasi yang dapat membuka/email maupun juga aplikasi telepon/sms gitu 🙂

5. System Optimizations

MIUI sendiri terkenal sebagai salah satu UI yang terasa berat saat di jalankan, namun di MIUI 9 pihak dari Xiaomi menyatakan bahwa pada MIUI 9 ini akan terasa lebih ringan serta lebih cepat. Fitur ini juga dilengkapi dengan adanya pembersihan otomatis, cache management, optimasi akselerasi CPU, optimasi thread scheduling, serta masih banyak yang lainnya lagi. Jadi intinya fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan hardware serta software smartphone kalian.

6. Dynamic Resource Allocation

Dynamic Resource Allocation di Miui 9
Dynamic Resource Allocation di Miui 9

Bahasa indonesianya adalah Alokasi Sumber Daya, fitur ini adalah fitur yang rada susah aku jelasin jadi maap kalo ada yang kurang paham dengan fitur ini. Jadi fitur ini akan memprioritaskan/mendahulukan aplikasi yang sedang berjalan. Ketika kalian sedang menjalankan banyak aplikasi, sistem akan memprioritaskan pada aplikasi yang sedang kalian pakai. Tujuannya tak lain adalah untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan juga cepat.

7. Quicker launch-times

Fitur yang berfungsi mempercepat saat membuka aplikasi
Fitur yang berfungsi mempercepat saat membuka aplikasi

Fitur ini adalah fitur yang dapat mempercepat smartphone kalian saat membuka aplikasi.

8. Notification Filter

Fitur Notification Filter
Fitur Notification Filter

Sesuai dengan namanya, fitur  ini akan memfilter atau menyaring notifikasi yang dirasa mengganggu oleh kalian. Misalnya notifikasi chat dari mantan. Dengan adanya fitur ini, maka secara otomatis sistem akan mengurutkan berdasarkan level prioritas dari notifikasi yang diterima.

9. Home Screen Customization

Fitur Miui 9, Home Screen Customization
Fitur Miui 9, Home Screen Customization

Editing mode pada home screen kalian di MIUI 9 terlihat nampak adanya redesigned dari versi sebelumnya serta desain pada icon-iconnya juga mengalami perubahan. Kalo menurutku tampak lebih simple dan lebih elegan desainnya. Dibagian bawah menu terdapat tiga tombol fungsi untuk mengatur tampilan home screen kalian yaitu wallpaper, widget, dan home screen settings.

10. New Themes

Di MIUI 9 terdapat beberapa tema baru diantaranya yaitu Limitless (ini tema favoritku banget), Color Fantasy, Cool Black, serta Default Theme.

Tema MIUI 9 Limitless
Tema MIUI 9 Limitless
Tema MIUI 9 Color Fantasy
Tema MIUI 9 Color Fantasy
MIUI 9 Cool Black
Tema MIUI 9 Cool Black

Jadi itulah tadi 10 fitur keren di MIUI 9, namun sayang banget baru tersedia di ROM Chine dan hanya di beberapa device Xiaomi. Kita tungga saja sampe keluar versi ROM Global serta sudah tersedia untuk perangkat Xiaomi kalian.

Komen di bawah ya, menurut kalian fitur yang paling keren itu apa? 🙂

All Image From: Forum MIUI

1 Comment

  1. Daftar Ponsel Xiaomi yang Mendapat MIUI 9 Beserta Tanggal Rilisnya

    4 Agustus 2017 at 8:53 pm

    […] ini Xiaomi telah meluncurkan OS (Operating System) yang terbaru mereka yaitu MIUI 9. Miui 9 pun akan dirilis secara bertahap untuk beberapa device […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: